Friday, 22 July 2016

Sabuk Sekolah Berlogo

Sewaktu sekolah, kita pasti tahu akan sabuk sekolah berlogo yang menjadi seragam wajib sehari-hari.  Ada perbedaan antara jaman dahulu dan sekarang.  Kalau jaman dahulu, sabuk sekolah menggunakan sabuk dengan webing yang di tenun dengan kepala besi yang di cetak dan berlogo.  Sabuk inilah yang sekarang masih di gunakan di instansi kedinasan seperti PNS, Polri, TNI ataupun kedinasan lainnya. Yang membedakannya adalah pada logo yang berada di kepalanya sesuai dengan logo instansi masing-masing.

Kalau sekarang, hampir semua sekolah mewajibkan siswa-siswinya untuk menggunakan sabuk berlogo juga akan tetapi menggunakan bahan yang berbeda dengan sabuk jaman dahulu.  Sabuk atau yang biasa di sebut dengan ikat pinggang jaman sekarang menggunakan bahan pvc berwarna hitam sebagai talinya. Sedangkan kepalanya berbahan besi yang terdapat logo yang di lapisi resin di atasnya sehingga logo akan terlihat mengkilap. Ukuran dan panjangnya pun juga bermacam-macam. Untuk sabuk SMP akan lebih lebar dari pada sabuk SD karena siswa SMP lebih besar daripada siswa SD. Begitupun juga dengan siswa SMA yang membutuhkan panjang sabuk yang lebih panjang daripada sabuk SMP bahkan sabuk SD. (Baca: Mengenal Berbagai Ukuran Sabuk)



Secara penampilan, sabuk sekolah jaman sekarang memang terlihat lebih baik. Akan tetapi bila di bandingkan dengan sabuk/gesper berbahan webing, maka sabuk webing akan lebih awet bila di pakai dalam jangka waktu yang lama.  Harganya pun juga berbeda jauh. Apalagi dengan sabuk dinas yang berbahan plat kuningan yang tentu saja jauh lebih mahal.  Belum lagi, ada kepala sabuk yang di sepuh emas sehinga membuat harga jualnya menjadi lebih mahal karena tampilannya yang menjadi jauh lebih menarik dan keemasan.

Hal itu memang bisa di pahami karena sabuk sekolah memang di peruntukkan dalam jangka waktu 3 hingga 6 tahun. Sedangkan sabuk kedinasan berbahan webing untuk di pakai hingga puluhan tahun karena setiap orang yang bertugas di kedinasan akan bekerja sealama puluhan tahun juga.

Sabuk sekolah berlogo bisa di pesan di toko perlengkapan sekolah atau di toko grosir sabuk. Kita bisa memesan langsung sesuai dengan kebutuhan sekolah kita baik SD, SMP atau SMU.  Logo yang nanti di pasang juga akan di sesuaikan dengan logo sekolah kita.  Atau, bila Anda mengetahui produsen ikat pinggang sekolah berlogo maka itu akan lebih baik karena bisa lebih murah dan kita bisa berkonsultasi langsung dengan produsennya.  (Baca: Produsen Sabuk)

No comments:

Post a Comment